Categories
Artikel

Jual Domba Murah Boyolali dan Merawat Anak Domba yang Baru Lahir

Jual Domba Murah Boyolali – Kesuksesan peternak dalam ternak domba tidak hanya domba yang dibudidayakan saja. Anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana perawatan anak domba yang baru lahir dengan baik dan benar. Anak domba membutuhkan perawatan yang tepat agar bisa tumbuh dengan sehat dan baik. Memiliki beberapa ekor anak domba bisa dikatakan sebagai suatu hal yang cukup menguntungkan bagi peternak. Hewan ternak seperti domba memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan perawatannya cukup mudah. Meski begitu, anda tetap harus memerhatikan dengan baik kondisi kesehatan anda domba serta induknya setelah lahiran.

Anak domba yang baru dilahirkan oleh induknya tidak serta merta bisa langsung mandiri dan mengurus dirinya sendiri. Anak domba tersebut membutuhkan bantuan dari peternak supaya mereka bisa beradaptasi dengan mudah sampai masuk pada usia yang cukup memadai. Perlu diketahui bahwa, anak domba yang baru saja dilahirkan setidaknya  membutuhkan waktu 3 hari agar bisa berdiri dengan tegak. Untuk itu, dibutuhkan peran peternak supaya anak domba tersebut bisa menyusu pada induknya dengan baik. Berikut ini tips yang bisa dilakukan selama tahapan melahirkan hingga pasca lahiran induk domba:

  • Sediakan kandang yang bersih

Anda perlu untuk mempersiapkan kandang untuk induk dan anak domba yang bersih, kering dan hangat supaya anak domba bisa beradaptasi dengan mudah. Kandang domba haruslah bersih dan terhindar dari kotoran dan penyakit karena pada usia yang masih sangat muda, anak domba mudah terserang penyakit. Untuk alas tidur anak domba, anda bisa menggunakan daun pinus kering, rerumputan dan jerami.

  • Memotong tali pusat dengan alat higenis

Tali pusat anak domba perlu untuk disterilkan agar tidak terjadi masalah seperti infeksi. Tali pusat anak domba bisa saja terinfeksi bila tidak dipotong dengan alat yang higenis. Oleh sebab itu, sebaiknya anda membantu untuk mensterilkan tali pusat anak domba dengan larutan iodin, betadin, atau chlorhexidine encer agar terhindar dari infeksi.

Baca Juga: Jual Domba Murah Surakarta dan Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Domba Melahirkan

  • Membiarkan anak domba untuk bersama induknya

Anak domba tidak akan bisa bergerak kemanapun ketika mereka baru saja lahir, untuk itu anak domba harus selalu berada dalam pengawasan induknya. Biarkan induk domba untuk membersihkan seluruh tubuh anak domba. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan terjalinnya ikatan antara anak domba dan induknya.

  • Biarkan anak domba untuk menyusu langsung pada induknya

Anak domba yang baru lahir harus segera menyusu pada induknya maksimal satu jam setelah mereka lahir. Air susu pertama yang didapatkan dari induk domba disebut dengan kolostrum yang mengandung banyak sekali zat gizi, nutrisi dan antibiotik yang dibutuhkan oleh anak domba. Proses penyusuan tersebut sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak domba selanjutnya.

  • Berikan susu selama 8 minggu sebelum beralih ke pakan

Anak domba membutuhkan waktu setidaknya 8 minggu sebelum lambungnya siap untuk mencerna jenis makanan lain. Ketika anak domba sudah siap untuk diberi pakan, hendaknya anda memberikan pakan hijauan atau konsentrat dengan memerhatikan dosis pemberian pakan. Pada awalnya, anak domba akan membutuhkan waktu agar dapat beradaptasi dengan jenis makanan selain susu.

Anak domba yang baru lahir sangat memerlukan penanganan dan perawatan khusus supaya bisa tumbuh dengan sehat. Vaksinasi untuk anak domba bisa dilakukan untuk mencegah anak domba terkena penyakit. Anak domba yang masih kecil, sangat membutuhkan pemeriksaan secara teratur untuk bisa tumbuh sehat. Anda harus memerhatikan pertumbuhannya dengan baik serta memberikan perawatan yang bagus untuk anak domba.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *