Categories
Artikel

Jual Domba Murah Boyolali dan Mengatasi Domba Ternak yang Mengalami Hipotermia

Jual Domba Murah Boyolali – Domba merupakan mamalia yang merumput dan sering menjadi pilihan sebagai hewan ternak. Domba bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan daging, wol dan susunya. Domba umumnya bisa memiliki umur 6 sampai 14 tahun. Jika dirawat dengan baik, maka domba dapat hidup hingga mencapai usia 20 tahun. Domba dapat beradaptasi dengan banyak iklim dan dapat ditemukan di seluruh dunia. Ada lebih dari 200 jenis domba, yang masing-masing berkembang biak dalam kondisi tertentu. Untuk menjaga kondisi domba agar tetap baik dan terawat, tentu anda harus melakukan tata kelola perawatan dan kesehatan yang baik.

Sebagai peternak, anda harus memperhatikan kondisi domba dengan baik. Salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik yaitu kondisi domba betina pada waktu beranak. Ada banyak kondisi yang bisa memengaruhi kesehatan domba betina dan perlu untuk dikenali dimana setiap peternakan akan memiliki masalah sendiri untuk diatasi. Penting untuk mengetahui beberapa kondisi yang paling umum ditemui dan bisa memengaruhi kesehatan domba saat melahirkan. Anda perlu mengetahui bagaimana mengenalinya, apa yang menyebabkannya dan apa yang harus dilakukan untuk setiap kondisi.

Salah satu masalah paling umum yang terjadi pada anak domba yang baru lahir adalah hipotermia. Domba yang baru lahir akan menjadi dingin dengan sangat cepat kecuali jika mereka diberi makan dengan baik. Suhu tubuh domba harus berkisar antara 39-40C. Suhu tubuh domba yang kurang dari 37C bisa digolongkan sebagai hipotermia yang parah. Tanda-tanda atau gejala yang bisa muncul akibat hipotermia yaitu:

  • Domba akan terselip dan lesu dan mungkin tidak mengikuti ibunya.
  • Jika hipotermia parah, anak domba mungkin bersandar pada lantai dan mungkin tidak dapat mengangkat kepalanya.

Tindakan pengobatan dini sangat penting karena anak domba bisa mengalami kerusakan saraf yang cepat dan mungkin hingga pada kematian. Cara yang diperlukan untuk menangani anak domba hipotermia bergantung pada tiga hal yaitu suhu, usia, dan kemampuannya untuk menelan. Jika anak domba mengalami hipotermia ringan (37-39C), maka keringkan domba, beri makan, lalu hangatkan. Jika hipotermia yang terjadi dalam kondisi parah (kurang dari 37C) dan domba berusia lebih dari lima jam dan mampu menelan. Langkah yang bisa dilakukan adalah memberikan makan dengan selang perut, dan keringkan serta hangatkan tubuhnya.

Baca Juga: Jual Domba Murah Surakarta dan Pelajari Penyakit Non Infeksi yang Bisa Menyerang Domba Ternak

Jika anak domba mengalami hipotermia parah dan tidak dapat menelan, maka diperlukan injeksi glukosa intraperitoneal, keringkan tubuhnya lalu hangatkan. Jika hipotermia parah dan anak domba berusia kurang dari lima jam, keringkan dan hangatkan tubuhnya. Kemudian beri makan dengan selang perut pada anak domba. Sangat penting bagi domba untuk memiliki sumber energi sebelum melakukan upaya apa pun untuk menghangatkannya. Anda dapat menggunakan tabung perut untuk memberi makan kolostrum atau jika domba tidak dapat menelan maka suntikan glukosa langsung ke rongga peritoneumnya.

Namun perlu untuk diperhatikan pada domba yang berusia kurang dari lima jam, mereka akan mendapat suplai lemak coklat untuk memberikan sedikit energi langsung. Penting untuk mereka bisa diberi makan secepat mungkin. Jika anda tidak yakin dengan usia domba maka perlakukan seolah-olah sudah lebih dari lima jam dan berikan energi ekstra sebelum menghangatkannya.

Untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan, anda bisa melakukan langkah pencegahan. Pertama, pastikan domba diberi makan dengan baik, tambahkan nutrisi yang dibutuhkan domba selama masa bunting menjelang kelahiran. Berikan perlindungan ekstra selama cuaca buruk terutama saat cuaca basah berangin. Kemudian, bawalah domba yang lebih kecil ke dalam ruangan jika perlu. Serta lakukan pemeriksaan ekstra ketika cuaca sangat buruk untuk mengatasi masalah sedini mungkin.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *