Categories
Artikel

Jual Domba Murah Boyolali dan Langkah Penting untuk Memulai Budidaya Domba Merino

Jual Domba Murah Boyolali -Budidaya domba ternak saat ini menjadi salah satu potensi usaha ternak yang menjanjikan. Tidak sedikit orang khususnya peternak yang menaruh minat pada dunia ternak domba. Salah satu jenis domba ternak yang cukup populer untuk dibudidayakan yaitu domba merino. Dimana domba ini merupakan salah satu komoditas ternak ruminansia yang memiliki nilai ganda. Peternak dapat memanfaatkan baik daging, susu serta wol atau bulunya.

Dalam pemeliharaannya, domba ternak ini juga lebih dikenal karena kebutuhan bulu woolnya yang berkualitas. Bahkan daging domba ini juga memiliki kualitas terbaik sebagai daging unggulan yang bisa dibanderol dengan harga yang mahal. Jenis domba merino ini berasal dari negara Spanyol, yang kemudian menyebar ke Inggris, Jerman, Australia hingga ke berbagai negara yang ada di dunia. Domba ini memiliki keunggulan dalam menghasilkan wool sebanyak 6,4 – 8,2 kg setiap tahunnya.

Untuk memulai budidaya atau ternak domba merino, tentu peternak harus mempersiapkan berbagai hal. Salah satunya adalah lokasi dan kandang yang memadai. Sebelum melakukan pembuatan kandang untuk budidaya ternak domba merino, maka anda perlu untuk memastikan terlebih dahulu tempat atau lokasi yang tepat. Ini dibutuhkan untuk bisa memelihara ternak domba merino dengan baik. Anda perlu untuk memastikan beberapa hal berikut sebelum menetapkan lokasi pemeliharaan ternak seperti:

  • Jauh dari kerammaian dan kerumunan penduduk
  • Memiliki lahan yang cukup luas
  • Memiliki sumber mata air yang cukup untuk kebutuhan ternak
  • Lahan yang cukup untuk pakan ternak

Langkah pertama dalam budidaya domba adalah tersedianya kandang yang memadai. Anda perlu untuk mengenal jenis dan tipe kandang dommba ternak. Kandang koloni bisa digunakan untuk menampung banyak domba. Satu kandang dengan ukuran 1 × 3 mampu untuk menampung 10 ekor domba. Sedangkan ukuran 4 × 6 bisa digunakan untuk menampung 30 ekor domba.

Baca Juga: Jual Domba Murah Surakarta dan Cara Mengawali Budidaya Domba Ternak

Selain kandang koloni ada tipe kandang tunggal yang bisa dihuni untuk domba setiap ekor. Ukuran kandang tersebut bisa disesuaikan dengan ukuran domba yang dibudidayakan. Sehingga domba tersebut tidak terlalu aktif dalam bergerak untuk bisa mendapatkan pertambahan bobot yang maksimal. Kandang jenis tunggal ini biasanya digunakan untuk tujuan ternak domba guna penggemukan. Dalam kandang, persiapkan pula peralatan seperti tempat pakan dan tempat minum untuk domba ternak anda.

Dalam pembuatan kandang, bahan yang digunakan untuk pembuatan penyangga kandang perlu diperhatikan. Penyangga untuk kandang tersebut bisa dibuat dari bahan semen atau kayu yang kuat supaya daya tahan kandang sangat baik. Untuk bagian lantai kandang anda bisa membuatnya dari bahan kayu yang kuat. Sedangkan untuk bahan atap kandang bis dibuat dari bahan rumbia untuk menghindari panas dan terik matahari pada domba.Untuk domba yang baru melahirkan, anda perlu membuat sekat pada kandang untuk memisahkan anakan dengan induk agar tidak terinjak.

Selain persiapan kandang, untuk budidaya ternak anda harus memilih bibit domba merino yang unggul. Pemilihan bibit merupakan faktor utama yang akan menentukan kesuksesan anda dalam budidaya ternak domba. Sebaiknya pilihlah indukan domba merino pejantan dengan umur 1,5 tahun – 3 tahun. Kemudian memiliki badan yang kekar, besar, tubuh relative panjang dan tinggi. Lebih agresif dan memiliki kemampuan libido yang tinggi dan tidak ada cacat atau kelainan genetic lainnya.

Sedangkan untuk memilih indukan domba merino betina sebaiknya anda memilih domba betina dengan umur 12 – 15 bulan. Pilihlah domba betina yang memiliki ambing yang simetris dan memiliki jumlah sepasang. Pilihalah domba dengan bentuk tubuh yang kompak, dada lebih lebar dan dalam, bulu mengkilap dan tidak gemuk. Domba tidak agresif terhadap domba pejantan dan memiliki sifat indukan domba yang baik. Serta tidak memiliki cacat dan tidak ada riwayat kelainan genetik dari indukan sebelumnya.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga  tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba yang jual domba murah Boyolali dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *