Categories
Artikel

Jual Domba Murah Boyolali dan Kondisi Pneumoia serta Kencing Batu yang Menyerang Domba

Jual Domba Murah Boyolali – Keberhasilan yang bisa didapatkan dari ternak dipengaruhi oleh faktor kesehatan ternak. Bagi para peternak domba, menjaga kesehatan ternak adalah suatu keharusan. Karena ada berbagai kemungkinan jenis penyakit yang bisa menyerang domba ternak. Tentunya hal tersebut akan memengaruhi kondisi tubuh domba serta tingkat produktivitasnya. Beberapa jenis penyakit patut untuk diwaspadai karena bisa membawa dampak yang buruk bagi domba ternak anda. Berikut ini akan dibahas mengenai Pneumonia dan kencing batu yang bisa dialami domba ternak.

Pneumonia merupakan wabah yang bisa dialami oleh sekelompok domba. Wabah ini bisa menular dari sejumlah bakteri, mikroplasma, atau virus. Banyak dari organisme ini umumnya ditemukan di saluran pernapasan domba yang sehat di mana mereka tidak menimbulkan masalah sampai beberapa faktor predisposisi menekan sistem pernapasan. Pemicunya bisa karena stress, halaman berdebu, ventilasi yang buruk, penumpukan amonia dari kotoran, kelembaban tinggi, kepadatan berlebih, atau kombinasi dari faktor-faktor tersebut.

Tanda-tanda klinis dari pneumonia bervariasi tergantung dengan tingkat keparahannya. Gejala awal yang mungkin muncul, domba ternak lebih sering batuk dalam kelompok daripada sebelumnya. Saat anda memindahkan domba, beberapa domba mungkin akan tertinggal dan bernapas dengan keras. Bahkan kondisi pneumonia yang parah bisa berakibat pada kemungkinan risiko kematian.

Perlakuan khusus terhadap domba ternak yang mengalami kesulitan napas sebagai tanda munculnya pneumonia diperlukan. Pengobatan harus ditujukan pada penyebab infeksi sekunder untuk menyelamatkan domba ternak dan mengurangi kerusakan yang mungkin terjadi  pada paru-paru. Karena banyaknya faktor yang bisa memicu munculnya pneumonia, maka identifikasi yang akurat dari dokter hewan perlu dilakukan. Untuk mencegah berjangkitnya pneumonia yang serius, anda harus meminimalkan faktor yang bisa memicunya. Hindari kondisi lingkungan yang berdebu untuk penggembalaan. Sediakan ventilasi kandang yang baik, agar udara tidak lembab dan pengap yang mana bisa menyebabkan pneumonia.

Baca Juga: Jual Domba Murah Surakarta dan Penerapan Manajemen Usaha Ternak Domba yang Baik

Munculnya masalah pneumonia pada domba bisa menyebabkan adanya kerugian ekonomi yang dialami akibat kematian ternak dan risiko lainnya. Domba dengan pneumonia kronis, meskipun nampak normal, namun memiliki laju pertumbuhan yang melambat.  Ingatlah bahwa penyebab paling umum dari pneumonia kronis pada domba, berusia tiga tahun atau lebih, adalah maedi-visna. Ini adalah pneumonia virus progresif di mana jaringan paru-paru yang berfungsi hilang. Domba dengan maedi-visna kehilangan kondisi dan memiliki lebih sedikit susu dari ambing mastitis.

Selain pneumonia pada domba, kencing batu juga patut untuk diwaspadai. Beberapa produsen mungkin akan memberi makan anak domba. Selama periode inilah kejadian batu saluran kemih meningkat. Batu saluran kemih atau urolitiasis bisa mempengaruhi domba jantan muda yang diberi ransum dengan proporsi butiran yang tinggi. Kristal kecil akan terbentuk di urin dalam kondisi makanan tertentu. Kristal terbawa dalam aliran urin dan memblokir uretra. Penyumbatan yang parah bisa menyebabkan kandung kemih membengkak dan kemungkinan pecah. Jika pecah, maka domba jantan kemungkinan besar akan mati.

Kondisi kencing batu pada domba bisa dipengaruhi oleh perkembangan kalkuli yang berkaitan dengan asupan magnesium, kalsium, fosfor dan kalium. Perbaikan yang cepat sangat dibutuhkan yang mana meliputi:

  • Kurangi asupan fosfor
  • Pertahankan rasio kalsium terhadap fosfor 2:1 atau lebih
  • Amonium klorida dapat ditambahkan ke umpan creep untuk mengasamkan urin. Ini mencegah pengendapan mineral
  • Pastikan air bersih dan segar selalu tersedia
  • Tingkatkan asupan garam (force feed) hingga 4% dari total diet. Hal ini menyebabkan sering buang air kecil dan asupan air yang lebih tinggi

Mencegah penyakit yang bisa menyerang domba ternak anda, mampu mengurangi kerugian ekonomi. Tidak hanya itu, hal tersebut juga bisa meningkatkan kesejahteraan domba ternak anda.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm tempat jual domba murah Boyolali. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *