Categories
Artikel

Jual Domba Murah Boyolali dan Keuntungan Beternak Domba Ekor Tipis

Jual Domba Murah Boyolali – Ternak domba sudah bukan merupakan hal asing lagi. Umumnya, terdapat dua jenis domba yang dijadikan sebagai ternak di Indonesia, yaitu domba ekor tipisdan domba ekor gemuk. Domba ekor tipis adalah domba lokal asli Indonesia dan sering dikenal sebagai domba kacang karena ukuran tubuhnya yang kecil. Domba ekor tipis ini sering ditemukan di daerah Jawa Barat. Domba ekor tipis ini tidak memiliki lemak daging kambing seperti pada umumnya. Dimana pada bagian ekornya, domba ini tidak memiliki timbunan lemak sehingga disebut sebagai domba ekor tipis.

Domba ekor tipis yang tubuh yang kecil, biasanya memiliki bobot tubuh sekitar 30-40 kg untuk domba jantan. Sedangkan pada domba betina memiliki bobot sekitar 15-20 kg. Jenis domba ekor tipis ini memiliki warna yang sama seperti domba lainnya yaitu warna putih serta ada juga yang memiliki warna cokelat. Selain itu, domba kor tipis ini juga memiliki warna hitam pada beberapa bagian tubuhnya seperti mata dan hidung. Populasi jenis domba ekor tipis ini paling banyak ditemui di wilayah Pulau Jawa.

Salah satu keunggulan domba ini adalah dagingnya cocok untuk dijadikan gule, sup, semur, dan masakan berkuah lainnya karena kandungan lemak yang tipis. Hampir semua konsumen lebih menyukai daging jenis domba lokal ini. Domba betina ekor tipis bisa untuk proses kawin pada usia 1 tahun sampai 15 bulan, dengan domba-domba unggulan seperti domba merino dan domba garut. Jenis domba ekor tipis memiliki ciri pada ekornya yang tidak menampakkan adanya desposisis lemak. Yang mana hal ini disebut juga dengan istilah wedus gembel. Selain itu, jenis domba ini memiliki bulu dengan warna putih dengan bercak hitam yang terdapat pada sekeliling matanya.

Baca Juga: Jual Domba Murah Surakarta dan Kenali Jenis Domba Ekor Gemuk Untuk Ternak

Domba ekor tipis hampir sama dengan domba ekor gemuk, namun memiliki perbedaan pada bagian ekornya. Karakteristik yang dimiliki domba ekor tipis adalah:

  • Bobot yang dimiliki 30 sampai 35 kg untuk domba jantan, dan 15 sampai 20 kg untuk domba betina
  • Tanduk pada domba betina, sedangkan untuk domba jantan memiliki tanduk yang pendek dan membentuk lingkaran
  • Memiliki bulu warna hitam di sekeliling mata, hidung dan warna putih yang lebih mendominasi pada bulu tubuh
  • Menghasilkan bulu yang bisa digunakan untuk wol dan benang
  • Ekor yang tipis dan tidak memiliki timbunan lemak
  • Jika bulu domba kotor, maka domba akan bergelambir karena memiliki bulu yang cukup tebal

Dalam proses pemilihan bibit domba yang berkualitas, anda harus melakukan pemilihan dengan cermat dan teliti. Karena hal tersebut akan sangat memengaruhi hasil maksimal yang bisa didapatkan. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam proses pemilihan bibit diantaranya:

  • Memiliki badan yang cukup besar dan tidak terlihat terlalu kurus
  • Memiliki asal usul dari indukan yang berkualitas tinggi
  • Gerakannya yang terlihat lincah dan tidak memiliki cacat  dan tidak sedang terkena penyakit
  • Memperlihatkan proses pertumbuhan yang relatif cepat
  • Memiliki daya tahan yang kuat dan nafsu makan yang cukup tinggi dan lahap
  • Memiliki berat badan yang normal sesuai dengan seusianya

Melalui penjelasan di atas, diketahui bahwa usaha ternak domba memiliki prospek yang cukup baik. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *