Jual Domba Murah Boyolali dan Cara Pemberian Pakan Domba Ternak yang Harus Diperhatikan

Jual Domba Murah Boyolali – Domba sebenarnya adalah hewan penggembalaan, namun domba juga sering dipelihara sebagai hewan ternak. Domba memiliki manfaat mulai dari daging, susu, serat, kulit dan juga untuk berbagai keperluan lainnya. Domba sendiri telah tersebar di seluruh dunia, dan mudah untuk beradaptasi serta dapat bertahan terhadap berbagai iklim. Jenis dan ras domba juga sangat banyak, masing-masing ras ini dapat berkembang biak dan tumbuh subur dalam cuaca dan kondisi lingkungan tertentu.  Anda harus memilih dan membeli ras domba yang sesuai dengan geografi dan kondisi lingkungan di sekitar anda. 

Setiap domba memiliki karakteristik yang berbeda serta kondisi yang berbeda pula. Setiap situasi berbeda dalam kasus beternak domba, jadi anda harus memiliki pengetahuan dalam beternak domba. Termasuk dalam memberikan makan untuk ternak domba. Beberapa langkah berikut ini perlu untuk anda perhatikan.

1. Makanan mereka adalah padang rumput atau jerami

Domba secara alami memakan tanaman padang rumput seperti rumput dan semanggi. Jika padang rumput cukup luas dan terus berbunga sepanjang tahun, anda tidak perlu menyediakan makanan tambahan untuk domba. Jumlah pakan yang dibutuhkan tergantung pada kualitas pakan, penggunaan padang rumput, kondisi domba (domba betina bunting, atau dengan anak domba) dan jumlah yang diberi pakan. Perkiraan yang masuk akal untuk memberi makan secara ketat adalah sekitar 3,5 persen berat badan per hari.

2. Hindari memberi makan biji-bijian domba secara berlebihan

Biji-bijian sebenarnya tidak terlalu bagus untuk domba, kecuali dalam beberapa kasus tertentu, karena campuran ini cenderung mengandung terlalu banyak tembaga untuk makanan domba. Jika Anda memang perlu melengkapi makanan domba Anda dengan biji-bijian, cobalah untuk mendapatkan campuran yang diformulasikan khusus untuk domba.

Makan terlalu banyak biji-bijian juga bisa menyebabkan domba Anda kembung, dan berpotensi mati. Jadi, hindari memberi makan biji-bijian secara berlebihan. Campuran dasar dengan jagung, kedelai, atau gandum, yang diformulasikan secara khusus dengan sedikit suplemen tambahan bisa diberikan untuk domba. Domba yang mungkin membutuhkan beberapa biji-bijian ditambahkan ke makanan mereka biasanya adalah domba muda, menyusui, atau tua.

Baca Juga: Jual Domba Murah Surakarta dan Cara Menciptakan Lingkungan yang Baik untuk Domba Ternak

3. Simpan makanan

Jerami harus dikeringkan sebelum disimpan, dijauhkan dari hujan, dan lepas dari tanah. Jika jerami menjadi lembab, jerami dapat dikeringkan kembali dan digunakan sebagai alas tidur. Anda harus hati-hati untuk mencegah domba memakan jerami yang dibentuk. Biji-bijian harus disimpan dalam wadah logam dengan tutup untuk mencegah kerusakan dari hewan pengerat. 

4. Pastikan domba Anda memiliki akses ke garam

Domba membutuhkan mineral yang berasal dari garam. Pastikan anda mendapatkan mineral yang khusus dibuat untuk kambing, karena meskipun mereka membutuhkan tembaga, terlalu banyak tembaga dapat membuat domba sakit atau membunuh domba. Balok garam bisa bagus, tetapi juga tidak bertahan lama dan mungkin tidak mendapatkan cukup mineral hanya dari menjilatinya. Garam mineral lepas cenderung lebih murah daripada garam balok dan anda bisa meletakkannya di tempat makan di tempat penampungan.

5. Beri mereka air bersih dan segar

Domba membutuhkan akses air bersih dan segar. Domba akan mengkonsumsi beberapa galon air setiap hari, dan lebih banyak lagi saat cuaca panas. Anda bisa menggunakan waterer otomatis jika tidak ingin harus membawa banyak ember setiap hari. Anda harus menggosok tempat penampungan air minum untuk domba hingga bersih seminggu sekali.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *